5 Kuliner Khas Bali yang Wajib Kamu Coba


5 Kuliner Khas Bali yang Wajib Kamu Coba

Liburan menjadi pilihan terbaik ketika pikiran mulai penat dengan berbagai aktivitas. Apa lagi bulan-bulan ini masih dalam suasana lebaran yang tentu saja kurang lengkap jika tidak menyempatkan diri untuk berlibur. Lagi pula tiket pesawat Bandung Bali bisa kamu dapatkan dengan mudah. Jadi, kamu tidak perlu ribet mempersiapkan agenda liburan kali ini.

Ya, salah satu destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan adalah Pulau Dewata Bali. Bicara keindahan dari pulau ini rasanya tidak akan pernah habisnya ya! Tidak hanya kaya akan pemandangan alam yang memukau, Bali juga memiliki deretan kuliner khas yang siap memanjakan lidah.

Kuliner Khas Bali

Apa saja kuliner khas Bali yang wajib kamu coba ketika berada di sana? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Sate Lilit

Di beberapa daerah atau di kota tempat tinggalmu mungkin kamu sudah sering menjumpai sate. Tapi ada yang berbeda dari Sate Lilit khas Bali. Jika sate pada umumnya disajikan dengan ditusuk-tusuk, sate khas Bali ini disajikan dengan cara dililit pada batang daun serai. Perihal rasanya sudah pasti lezat dan gurih. Pilihan daging yang biasa digunakan adalah daging babi, ayam, hingga ikan tenggiri.

2. Rujak Kuah Pindang dan Rujak Bulung

Buat kamu yang menyukai kuliner pedas harus memasukkan menu rujak ini ke dalam deretan daftar kuliner yang akan kamu cicipi ketika di Bali nanti. Rujak khas Bali ini berisi irisan buah mangga dan buah lainnya yang kemudian dicampur dengan kuah pindang, serta cabe yang super pedas.

Bahkan ada juga rujak rumput laut yang dapat kamu temukan di Bali. Rujak yang mengandalkan bumbu kuah pindang ini populer dengan sebutan Rujak Bulung. Hmm, membayangkannya saja sudah bikin ngiler ya!

3. Tipat Blayag

Makanan khas Bali selanjutnya adalah Tipat Blayag. Dari segi bentuk, Tipat Blayag ini terlihat seperti lontong karena dibungkus secara memanjang menggunakan janur muda. Bumbu yang digunakan untuk makanan ini adalah bumbu yang terbuat dari campuran bumbu Bali dan olahan tepung beras.

Bumbunya yang kental akan semakin nikmat jika dipadukan dengan irisan tipat blayag, ayam sisit, kerupuk kulit ayam, gorengan ceker ayam, kacang kedelai dan sayur urap.

4. Serombotan

Apabila kamu menyukai sayur-sayuran, ada baiknya kamu tidak melewatkan menu satu ini. Serombotan namanya, makanan yang di dalamnya berisi berbagai macam sayur, seperti bayam, buncis, kacang panjang, pare, terong bulat, kangkung hingga tauge.

Kuliner khas Klungkung Bali ini disajikan dengan bumbu santan yang di dalamnya berisi lengkuas, kunyit tumbuk, bawang putih, bawang merah, kencur dan ketumbar. Rasanya semakin lezat karena dipadukan dengan bumbu pedas dan bumbu kacang.

5. Ayam Betutu

Ayam Betutu umumnya disajikan saat upacara adat maupun keagamaan. Meski begitu makanan khas Bali ini kini mulai banyak dijual karena memang banyak yang menyukai menu ini. Bumbu dari ayam betutu ini dibuat dari berbagai campuran, mulai dari jahe, cabai merah, serai, kunyit, lengkuas, ketumbar bubuk, bawang merah, bawang putih, merica, jeruk purut, kemiri dan garam. Tak ketinggalan, sambal matah juga menjadi pelengkap dari sajian menu ini.

Demikianlah 5 pilihan kuliner khas Bali yang bisa kamu jadikan pilihan ketika nanti berada di Bali. Jangan lupa segera pesan tiket pesawat Bandung Bali agar kamu bisa bertolak ke Pulau Dewata untuk menghabiskan liburan di sana.

Belum ada Komentar untuk "5 Kuliner Khas Bali yang Wajib Kamu Coba "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel